Penerapan SIM-RS

Setelah pembuatan tabel utama selesai, maka tahap selanjutnya adalah pembuatan aplikasi database. Pembuatan aplikasi database tersebut berdasarkan tabel yang telah disusun.
Saat pertama kali sistem informasi rekam medis gmc dijalankan, tampilan yang keluar adalah :

Gambar 5.9 Tampilan Pasword
Program meminta username dan password dimasukkan. Password disini sangat diperlukan untuk menghindari pemakaian dari orang yang tidak dikehendaki. Pada saat mengisi password, secara otomatis program akan mencari data mengenai password yang dimasukkan. Apabila password maupun username salah maka akan dikeluarkan kalimat peringatan yang menyatakan bahwa password atau username yang diisikan salah. Apabila password yang diisikan benar, maka program memasuki form menu utama, berikut tampilannya:

Gambar 5.10 Tampilan Menu Utama
Dapat dilihat terdapat beberapa menu yang menunjukkan dilakukannya manipulasi data. Apabila data akan dimanipulasi, maka terlebih dahulu harus memilih data yang diinginkan.
Sistem Informasi Rekam Medis ini mempunyai lima menu yaitu menu File, menu Pelayanan, menu Input Data, menu Pelaporan dan menu Bantuan.

1. Menu File
Menu ini merupakan menu awal terdiri dari submenu exit, berfungsi sebagai tempat dimana user meninggalkan program dan keluar dari program. Dengan mengklik submenu Keluar maka program sistem informasi ditutup.

2. Menu Pelayanan
Menu pelayanan merupakan tempat dimana pihak poliklinik melakuan pelayanan diantaranya proses pendaftaran dan proses diagnosis serta pengobatan pasien. Pasien yang masuk akan didaftar atau jika sudah ada dapat langsung dilakukan proses diagnosis. Setelah pasien diperiksa maka petugas melakukan input data pemeriksaan, data diagnosis, data obat serta data rujukan jika diperlukan.
Pemasukan data pendaftaran pasien baru, terlebih dahulu diklik tombol daftar atau submenu pendaftaran pasien pada menu pelayanan, maka form yang ditampilkan adalah :

Gambar 5.11 Tampilan Pendaftaran Pasien
Pada form Input Data Pasien terdapat tombol-tombol kontrol yang diperlukan. Apabila akan menambah data maka klik tombol tambah dan kursor akan segera menuju ke atribut nomor rekam medis, untuk selanjutnya pengisian data berurut berdasar atribut nomor rekam medis. Anda dapat melakukan input maupun editing data di kolom edit atas ataupun di grid tabel pasien. Untuk menghapus data pilih data kemudian tekan tombol minus. Pada pengisian edit atas terdapat menu pilihan apa yang akan diisi sehingga tidak perlu mengetik lagi yang dikenal dengan dblookup. Klik tombol cek setelah selesai memasukkan atau memanipulasi data agar data dapat disimpan oleh sistem.
Menu Pelayanan sendiri terdiri dari dua buah submenu yaitu submenu Pendaftaran dan submenu Diagnosis. Submenu diagnosis sama dengan tombol diagnosis di form utama. Dengan menekan tombol diagnosis pengguna menuju ke tampilan pemasukan data rekam medis pasien setelah pasien mendaftar. Berikut tampilan form diagnosis:

Gambar 5.12 Form Input Data Diagnosis Pasien
Seperti halnya pada form pendaftaran pasien user dapat memasukkan data rekam medis pasien dengan menekan tombol plus dan menghapus data rekam medis pasien dengan tombol minus serta menyimpan perubahan dengan tombol cek. User dapat pula mengedit data dengan menekan tombol F2.

3. Menu Input data
Menu input data terdiri dari submenu input data:
1. Data Pasien
Pada form ini petugas/ user dapat menginput data pasien yang mendaftar di GMC. Form data pasien hampir sama dengan form pendaftaran dari tombol daftar.

Gambar 5.13 Form Input Data Pasien
2. Data Diagnosis Pasien
Di dalam submenu diagnosis telah terdapat input data diagnosis yang berhubungan dengan tiap pasien, apabila diinginkan input data diagnosis secara keseluruhan ataupun ingin melihat data diagnosis pasien secara menyeluruh dapat dipilih submenu diagnosis pasien ini. Submenu ini menampilkan seluruh data diagnosis pasien urut secara no diagnosis dan no rm.

Gambar 5.14 Form Input Data Diagnosis
3. Data Kode Pemeriksaan
Untuk keperluan penyimpanan arsip pemeriksaan maka dibuat form kode pemeriksaan. Selain berguna untuk menghindari data redundansi juga untuk memperingan tugas menginput data kembali dan dapat dipakai untuk sumber pengolahan statistik pasien maupun kemudahan diagnosis pasien oleh dokter.

Gambar 5.15 Form Input Kode Pemeriksaan
4. Data Kode Diagnosis
Untuk keperluan penyimpanan arsip diagnosis maka dibuat form kode diagnosis. Tabel ini berguna untuk untuk memperingan tugas menginput data kembali dan dapat dipakai untuk sumber pengolahan statistik pasien maupun kemudahan diagnosis pasien oleh dokter.

Gambar 5.16 Form Input Data Kode Diagnosis
5. Data Obat
Untuk keperluan penyimpanan arsip diagnosis maka dibuat form kode diagnosis. Tabel ini berguna untuk untuk memperingan tugas menginput data kembali dan dapat dipakai untuk sumber pengolahan statistik maupun kemudahan pengobatan pasien oleh dokter.

Gambar 5.17 Form Input Data Obat
6. Data Dokter
Tabel in berguna untuk memperingan tugas menginput data kembali. Data dokter merupakan dokter yang bertugas di poliklinik ini.

Gambar 5.18 Form Input Data Dokter
7. Data Fakultas
Tabel in berguna untuk memperingan tugas menginput data kembali. Fakultas adalah nama-nama fakultas di lingkungan Universitas Gadjah Mada

Gambar 5.19 Form Input Data Fakultas
8. Data Rujukan
Tabel ini berguna untuk memperingan tugas menginput data kembali. Rujukan adalah nama-nama Rumah Sakit rujukan pasien yang membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Gambar 5.20 Form Input Data Rujukan

4. Menu Pelaporan
Tujuan akhir dari sebuah sistem informasi adalah pembuatan laporan mengenai keadaan pasien dan laporan-laporan lain yang mendukung guna pengambilan kebijakan manajemen yang baik.

Gambar 5.21 Form Melihat dan Mencetak Laporan
Menu Pelaporan mempunyai satu submenu Laporan yang mengacu pada tiga macam laporan diantaranya:
1. Laporan Pasien
Laporan ini berisi tentang laporan kegiatan pasien di poliklinik yaitu diagnosis pasien selama mengunjungi poliklinik. User dapat menyimpan data laporan maupun mencetaknya ke printer sesuai keperluan. Sebelum menekan tombol laporan pasien user diharapkan memilih nama pasien pada form diagnosis dengan menekan tombol diagnosis.

Gambar 5.22 Laporan Diagnosis Pasien
2. Laporan Kunjungan
Laporan kunjungan pasien berisi kunjungan pasien selama hari tersebut, minggu tersebut, bulan dan tahun bersangkutan.

Gambar 5.23 Laporan Kunjungan Pasien
3. Laporan Penyakit
Laporan Penyakit memperlihatkan jumlah penyakit terbanyak yang teridentifikasi oleh poliklinik. Laporan penyakit menampilkan data penyakit bulan bersangkutan.

Gambar 5.24 Laporan Penyakit

5. Menu Bantuan
Menu Pelaporan mempunyai satu submenu Tentang program yang merupakan informasi tentang pembuat program.

Gambar 5.25 Form Tentang Program

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: